Tokoh Masyarakat Adat Minang Kabau ” Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu BAPAK BELA NEGARA INDONESIA “

Tokoh Masyarakat Adat Minang Kabau ” Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu BAPAK BELA NEGARA INDONESIA “

Tokoh Masyarakat Adat Minang Kabau :

” Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu BAPAK BELA NEGARA INDONESIA “

Hasil gambar untuk rumah gadang bu jusuf kalla

Seorang tokoh Adat Minang Kabau ( Atman Dt, Rajo Penghulu ) yang juga Adek sepupu kandung dari Bu Jusuf Kalla / Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia, sangat mendukung sekali pernyataan sikap dari masyarakat Adat Babrongko, Jayapura, Papua yang memberikan gelar sebagai BAPAK BELA NEGARA INDONESIA kepada Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu.

Atman Dt Rajo Penghulu adalah ketua Adat, suku Kutiayia, desa Lintau Buo, kec. Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, yang juga ketua Rumah Gadang Bu Jusuf Kalla dan Bp. Jusuf Kalla.

Hasil gambar untuk Jusuf Kalla rumah adat

Menurut Atman Dt, Rajo Penghulu, Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu sangat jeli membaca segala jenis ancaman yang akan bisa menyerang dalam kehidupan dan pola berfikir masyarakat Indonesia. Ancaman/serangan tidak nyata, memang bisa lebih membahayakan daripada serangan secara nyata yang bisa dilihat dan diprediksi.

Diakhir tahun 2019 ini, apa yang dikuatirkan oleh Jenderal(Purn) ini terbukti, yaitu dengan maraknya faham ajaran ISIS dan KHILAFAH serta juga ideologis Papua Merdeka di Papua. Jika kondisi seperti ini tidak secara serius diantisipasi oleh Pemerintah, bukan hal yang mustahil Indonesia bisa terpecah menjadi beberapa negara.

Hasil gambar untuk ryamizard ryacudu bela negara

Pertahanan suatu negara bukan hanya Alutsista ( Hard Power ) saja yang harus di perkuat, tetapi Mindset dan ideologis kebangsaan ( Soft Power ) juga harus diperkuat. Percuma jika Hard Power saja yang kuat, tapi soft powernya lemah, maka yang menjadi ancaman datangnya adalah dari masyarakatnya sendiri.

Kegigihan Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu dalam mencetuskan Program Bela Negara pada tahun 2015, patut diacungi jempol, karena pada awalnya sangat banyak ditentang oleh berbagai pihak yang memang tidak suka akan pembangunan wawasan kebangsaan dan kenegaraan yang didalam diri masyarakat Indonesia. Mungkin, jika pada saat itu Menteri Pertahanannya bukan Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu, Program Bela Negara ini tidak akan terlaksana.

Hasil gambar untuk ryamizard ryacudu

Jika membaca sejarah perjuangan Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu. beliau telah berbuat banyak banyak untuk menjaga dan membangun Indonesia. Bahkan Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu sudah mewakafkan hidupnya dan nyawanya untuk keutuhan NKRI dan pembangunan Indonesia khususnya dalam pembangunan aspek ideologis Pancasila di dada setiap masyarakat Indonesia.

Hasil gambar untuk ryamizard ryacudu menhan AS

Menteri Pertahanan seluruh dunia sangat menghormati beliau dan mempunyai hubungan yang sangat baik, sehingga dapat terjaga keamana regional maupun Internasional.

Atman Dt. Rajo Penghulu yang didampingi oleh Hulu Balang Nagari Suku Kutiayia, Lintau, Adrian Indra, S.Sos ) menyatakan bahwa juga akan membuat suatu pernyataan sikap yang mengusulkan kepada Pemerintah untuk mengangkat Bp. Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai ” BAPAK BELA NEGARA INDONESIA ” dan sekaligus suku Kutiayia, Minang Kabau ingin memberikan Gelar Sang Sako / Gelar adat kepada Bapak Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Datuk (Dt)  “ Rajo Nagari Nagari Nan Sati “ ( Raja Negeri Yang Sakti ). Dan Atman Dt. Rajo Panghulu akan berkoordianasi tentang kapan kiranya Bp. Jenderal(Purn) ada waktu untuk bisa berkunjung ke desa Tanjung Bonai, Kecamatan Liatau Buo, Kab. Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Prosesi pemberian gelar adat dan pengangkatan sebagai Bapak Bela Negara ini, akan dilaksanakan di rumah gadang Bu Jusuf Kalla.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link