Ryamizard Ryacudu Membawa Keceriaan dan Kebahagian Ke Masyarakat Kampung Adat Babrongko, Papua

Ryamizard Ryacudu Membawa Keceriaan dan Kebahagian Ke Masyarakat Kampung Adat Babrongko, Papua

Ryamizard Ryacudu Membawa Keceriaan dan Kebahagian Ke Masyarakat Kampung Adat Babrongko, Papua

 

Max Abner Ohee, S.IP seorang Tokoh Pemuda wilayah Adat Mamta ( suku Tabi ) pada tanggal 18 September 2019 menyatakan bahwa kedatangan Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu adalah sebuah kunjungan cinta dari dalam hati kepada masyarakat adat kampung Babrongko, Kab. Jayapura, Papua. Kunjungan ini diibaratkan seperti embun penyejuk ditengah gersangnya suasana yang agak panas yang disebabkan oleh demo anarkis besar-besaran yang terjadi baru-baru ini.

Karena Jenderal(Purn) Ryamizard Ryacudu sudah menjadi anak Adat suku Babrongko, Papua, Max Ohee mengatakan akan memanggil dengan sebutan sebagai Kakak Besar Mizard atau dalam bahasa suku Tabi disebut juga dengan Yauw Mizard.

Max Ohee menuturkan bahwa kedatangan Kk Besar Mizard ke kampung adat terpencil di Papua, sangat tepat. Karena bisa menyapa dan melihat secara langsung keadaan kehidupan masyarakat di desa tersebut. Cara seperti ini lebih mengakar dan lebih terasa serta lebih berkesan dihati masyarakat daripada para pejabat Jakarta yang datang ke Papua hanya berdiskusi dengan tokoh-tokoh pemimpin masyarakat saja, karena apa yang disampaikan kepada tokoh pemimpin yang ditemui tersebut belum tentu sampai sepenuhnya kepada masyarakat.

Ketika kunjungan KK Besar Mizard ke Babrongko, terlihat keceriaan masyarakat sejak H-4 sebelum beliau datang, anak-anak ada yang latihan menyanyi, menari adat, para pemuda menghiasi kapal, memasang Baliho dan juga mempersiapkan lokasi panggung kedatangan KK Besar Mizard.

Masyarakat sangat antusias dan hal itu bisa terlihat ketika mereka berbicara secara langsung dan tertawa bersama KK Besar Mizard ketika acara di Kampung Adat Babrongko, Papua.

Bahkan ada beberapa  masyarakat yang menyampaikan ingin membangun sebuah Patung Jenderal Ryamizard Ryacudu di Kampung Babrongko, Papua. Karena di wilayah kampung Ifar Gunung, kab. Jayapura, Papua, ada Tugu Patung Jenderal Douglas Mc. Arthur. Kampung Babrongko ingin di wilayah ada juga Patung seorang Jenderal, tetapi Jenderal Anak Adat Kampung mereka sendiri, yaitu Patung KK Besar Mizard. Hal ini untuk mengenang dan untuk memberitahukan kepada generasi muda Papua umumnya dan generasi muda kampung Babrongko Khususnya, bahwa KK Mizard pernah berkunjung ke Kampung Babrongko dan adalah anak Adat Kampung Babrongko.

” Masak tugu patung Jenderal Amerika ada di Kab. Jayapura, Papua, sedangkan patung Jenderal Besar Indonesia tidak ada ? ” ( Max Abner Ohee )

” Seharusnya juga dibangun, patung Jenderal Besar Indonesia juga, apalagi Jenderal Besar itu adalah anak Adat suku Tabi, Kampung Babrongko Umandrow, Papua. Sehingga generasi muda Papua tidak salah Presepsi bahwa tokoh yang mereka jadikan panutan itu adalah seorang Jenderal Besar Amerika “ ( Max Abner ohee )

Hasil gambar untuk Patung macarthur

Untuk desain Patung KK Besar Mizard, Kementerian Pertahanan RI, bisa membuat desain yang sesuai, dan jika memungkinkan sekalian dibuatkan Patung Bp. Presiden Jokowi. Sehingga ada dua patung nantinya di Kampung Babrongko, yang dengan demikian akan bisa meningkatkan kunjungan wisata lokal di Babrongko, Papua.

Dan dengan adanya dua Patung tersebut, akan bisa menimbulkan rasa cinta NKRI bagi masyarakat Papua, yang pada saat ini masih terbelah rasa nasionalismenya.

Gambar terkait

 

Masyarakat Papua memang harus didekati dengan kelembutan dan cinta kasih, mereka sudah cukup trauma dengan kekerasan. Rasa simpati masyarakat kepada Pemerintah Indonesia memang harus dibangun dan terus dibina. Cara yang paling efektif adalah melalui sistem ketuk pintu dan sapaan saudara sehati dari kampung Adat ke kampung Adat.

Max Ohee menyampaikan, walaupun dirinya adalah berasal dari suku Waena ( keondoafian Waena ), Kampung Babrongko juga merupakan bagian dari  Wilayah Adat Mamta/ Suku Tabi. Oleh karena ini Max Ohee akan membela mati-matian jika ada pihak-pihak yang mendiskriditkan KK Besar Mizard, karena itu sama saja dengan mendiskriditkan harkat dan martabatnya. Max Abner Ohee, mengatakan siap untuk menjadi garda di barisan terdepan membela KK Mizard dan mendukung segala programnya di Papua, didalam upaya menjaga keutuhan NKRI di tanah Papua.

Foi…….KK Besar Mizard,  Hormat……..

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link