RAPAT TINGKAT MENTERI MEMBAHAS PERSIAPAN PON XX dan PEPARNAS XVI PAPUA 2020

RAPAT TINGKAT MENTERI MEMBAHAS PERSIAPAN PON XX dan PEPARNAS XVI PAPUA 2020

RAPAT TINGKAT MENTERI MEMBAHAS PERSIAPAN PON XX dan PEPARNAS XVI PAPUA 2020

Juliet1news.com/III/2020. Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE., M.Si Pada Tanggal 05 Maret 2020, menghadiri rapat tingkat Menteri Yang membahas persiapan penyelanggaraaan PON XX dan PEPARNAS XVI 2020 Papua.

Frederikus Gebze Menyampaikan kepada www.juliet1news.com, pelaksanaan PON dan PEPARNAS ITU tentunya menjadi event bergengsi sekaligus membanggakan bagi Papua, oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan baik. VCabor yang dipertandingkan kemarin di Peparnas XV kan ada 13 cabor. Yakni, Bola Voli Duduk, Catur, Goalball, Sepakbola CP 5 Slide, Tenis Lapangan Kursi Roda, Tenis Meja, Tenpin Bowling, Atletik, Bulutangkis, Judo, Panahan, Renang, dan Angkat Berat. Dari 13 cabor ini kita usul tambah satu lagi, yaitu Bocci. Sehingga total ada 14 yang nanti dibahas dalam pertemuan dengan Technical Delegate (TD) di Solo Jawa Tengah, bersama dengan masing-masing cabang olahraga.

Frederikus Gebze menambahkan, pelaksanaan Peparnas di Papua berbeda dengan iven nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). Dimana untuk mempertandingkan satu cabang olahraga, wajib pula membangun sarana aksesibilitas tambahan bagi para kaum difabel.Oleh karenanya, pihaknya bakal berkoordinasi dengan panitia PON XX 2020, agar sarana dan prasarana yang dibangun itu mampu memenuhi standar yang ditetapkan.

Khusus PON di Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan bahwa Kabupaten Merauke naik status, dari daerah Subda PON Papua menjadi daerah penyangga penyelenggara PON. Ada perbedaan antara daerah Subda PONĀ  dan daerah Penyangga. Daerah penyangga adalahdaerah yang bisa menyelenggarakan cabang olahraga lebih dari kouta yang ditentukan. Merauke ini mendapat jatah 6 cabang olahraga, tetapi sebagai daerah penyangga ada kemungkinan mendapat tambahan cabang olahraga lain. Artinya, Merauke siap menyelenggarakan cabang olahraga lain, jika cabang olahraga itu tidak bisa dipertandingkan di 3 cluster dengan alasan tertentu.

Baca Juga :  Pembersihan Saluran Air dan Gorong-Gorong di Kota Merauke

Hasil gambar untuk PON XX Merauke

Walaupun naik status sebagai daerah penyangga PON XX Papua, Frederikus Gebze menuturkan Merauke tetap fokus dengan 6 cabang olahraga yang telah ditetapkan yakni bola kaki wanita, bermotor, catur, wushu, anggar, dan taekwondo. Dari 6 cabang olahraga ini, vanue yang sedang dalam pembangunan tersisa 2 yakni bermotor dan bola kaki wanita,

Untuk bermotor, secara keseluruhannya pembangunannya baru mencapai 26%, tetapi jika dilihat secara keseluruhan, untuk lintasan (lab) sudah mencapai 60% dan untuk pengerasan sudah 1,8 kilometer, serta untuk stadion telah mencapai 60%. (AI/III/2020 )

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap