Frederikus Gebze dan Arief Poyuono ( Wa.Ketum DPP Gerindra ) Pertemuan Dua Sahabat Lama

Frederikus Gebze dan Arief Poyuono ( Wa.Ketum DPP Gerindra ) Pertemuan Dua Sahabat Lama

Pertemuan Dua Sahabat Lama, Frederikus Gebze dan Arief Poyuono ( Wa.Ketum DPP Gerindra )

Pada hari Senin tanggal 27 Januari 2020, dua sahabat lama yaitu Frederikus Gebze ( Bupati Merauke ) dan Arief Poyuono ( Wa. DPP Ketum Gerindra ) bertemu dan bersilaturahmi secara kekeluargaan di Gendung Arva, Cikini. Frederikus Gebze dan Arief Poyuono dari sejak tahun 1990 memang sudah sangat dekat dan bersahabat. Karena, Arief Poyuono sebelum terjun ke dunia politik pada tahun 1990 adalah seorang Pramugara di Merpati Airlines Jayapura.

Arief Poyuono saat ini sudah menduduki jabatan penting di DPP Gerindra sebagai Wa,Ketum, dan tentunya sangat mengetahui sekali situasi perkembangan politik yang ada di merauke. Bupati Frederikus Gebze dalam diskusi berdua itu menyampaikan bahwa Pak Prabowo sangat banyak membantu beliau ketika jadi Bupati pada periode I tahun 2016, karena Gerindralah sebagai partai utama pengusung pasangan Frederikus Gebze-Sularso. Dan Bupati Frederikus Gebze juga menyampaikan bahwa beliau masih ada”hutang” kepada Pak Prabowo, yaitu untuk bisa lebih memajukan lagi Partai Gerindra di Merauke.

Arief Poyuono sebagai tokoh politik nasional yang terkenal, memuji akan keberhasilan Bupati Frederikus Gebze didalam membangun Kabupaten Merauke khususnya dalam hal bidang Pertanian, Perikanan maupun Pariwisata Merauke. Dalam hal pencapaian Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) kabupaten Merauke yang pada tahun 2020 ini, Bupati Merauke berhasil membawa  masuk ke level tinggi di Propinsi Papua. Soal keamanan daerah di Kabupaten Merauke dan juga kerukunan kehidupan masyarakat yang benar-benar sangat terjaga sempat dipuji oleh Areif Poyuono.

Arief Poyuono menyampaikan bahwa dia akan membantu secara keras agar Gerindra kembali untuk mendukung Frederikus Gebze sebagai Bupati Merauke pada periode II nantinya. Bahkan jika diperlukan, beberapa Partai koalisi dekat dengan Gerindra seperti Golkar, PKS,Hanura, PKB, PPP, Demokrat diupayakan juga ikut mendukung Frederikus Gebze sebagai calon Bupati Merauke pada periode ke 2 ini.

Arief Poyuono menyampaikan bahwa pemerintah pusat mempuyai suatu kepentingan yang khusus di Merauke, karena Kabupaten Merauke adalah Propinsi Yang paling Timur Indonesia yang langsung berbatasan dengan negara Papua Nugini dan Australia. Oleh karena itu, Partai Politik di Pusat tentunya memiliki pertimbangan-pertimbangan yang khusus didalam memberikan dukungan “perahu” untuk maju didalam suatu Pilkada. Pertimbangan pertama adalah bagaimana pengalaman calon Kepala Daerah yang akan didukung itu didalam hal menjaga keamanan daerah serta masyarakatnya, jika kepala daerah yang lama memang sudah teruji, hal itu akan menjadi suatu nilai positif yang tinggi. Selanjutnya dalam hal menaikan angka INDEXS PEMBANGUNAN MANUSIA ( IPM ) dan Level Kapabilitas APARAT PENGAWASANINTERN PEMERINTAH ( APIP ).

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia. IPM digunakan untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang dan juga untuk mengukur pengaruh dari kebijaksanaan ekonomi terhadap kualitas hidup. IPM adalah salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia. IPM menjelaskan bagaimana penduduk bisa mengakses pembangunan untuk memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.  Saat ini secara rata-rata IPM Indonesia mencapai 71,39 (2018).

Secara Internasional berlaku ketentuan, bahwa IPM disebut sangat tinggi bila lebih dari 80, kategori tinggi itu 70-80, kategori sedang 60-70, dan di bawah 60 tergolong rendah. IPM Provinsi Papua pada 2018 tercatat 60,06, masuk ke katagori sedang, setelah mengalami kenaikan 0,97 poin dari 2017. Dari 29 kabupaten kota di sana, hanya  5 yang masuk IPM tinggi ( Kota Jayapura, Kab. Mimika, Kab.Jayapura dan Kab. Biak Numpor Kab. Merauke ). Yang tergolong IPM sedang ada 7 kabupaten, selebihya, 17 kabupaten tergolong daerah ber-IPM rendah. Bahkan, beberapa sangat rendah (di bawah 50) seperti di Deiyai (49,53), Pegunungan Bintang (44,22), Puncak Jaya (47,39), bahkan Kabupaten Nduga sangat tertinggal dengan IPM 29,42.

Hasil gambar untuk level APIP

Apa itu APIP  ? APIP adalah singkatan dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah atau Pengawas internal pada institusi lain, merupakan unit organisasi di lingkungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Negara, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dalam lingkup kewenangannya melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap  penyelenggaraan tugas  dan fungsi organisasi. Institusi APIP antara lain seperti Inspektorat, Inspektorat Jenderal.

Gambar terkait

Dibawah kepemimpinan Bupati Frederikus Gebze, kabupaten Merauke dan Kota Jayapura pada tahun 2019 berhasil meraih APIP level 3, yaitu level yang tertinggi untuk seluruh kota dan Kabupaten se Propinsi Papua. Arief Poyuono menyampaikan bahwa didalam menilai keberhasilan seorang pemimpin itu, harus juga berdasarkan fakta data dan angka keberhasilan yang terukur secara Nasional, bukan hanya berdasarkan suatu penilaian yang tanpa ada standar ukurannya. Khusus untuk menilai keberhasilan kinerja seorang Bupati/Kepala Daerah, dilihat bagaimana pencapain dari RPJMD dan visi misinya.

Pada akhir pertemuan tersebut, Arieg Poyuono menghimbau kepada masyarakat Merauke agar bijak didalam memilih siapa pemimpinnya, pilihlah pemimpin yang benar-benar sudah teruji keberhasilannya berdasarkan suatu standar penilaian yang berdasarkan fakta, data dan ukuran standar nasional. Arief Poyuono bahkan menyampaikan secara langsung agar masyarakar Merauke tetap memilih Frederikus Gebze sebagai Buapti Merauke periode ke II ini. ( Sri Rejeki )

Baca Juga :  FREDERIKUS GEBZE QOUTES 30: MERAUKE SALAH SATU PENYELENGGARA PON XX

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap