Pemerintah telah mendirikan 50 Balai Latihan Kerja di sejumlah pondok pesantren.

Pemerintah telah mendirikan 50 Balai Latihan Kerja di sejumlah pondok pesantren.

Sejak tahun 2017 lalu, pemerintah telah mendirikan 50 Balai Latihan Kerja di sejumlah pondok pesantren. Tahun 2018, didirikan lagi 75 BLK.

Setelah dievaluasi, saya menargetkan pendirian 1.000 BLK tahun ini juga. Perjanjian kerja sama BLK komunitas tahap pertama itu sudah ditandatangani di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, siang ini antara Kementerian Ketenagakerjaan dan perwakilan lembaga penerima seperti Pondok Pesantren Ma’had Aly Raudhatul Muhibbin, Bogor dan Pondok Pesantren Al Islam Al Amin, Kediri.

Mengapa BLK komunitas ini kita butuhkan? Tahun 2025-2030 nanti, Indonesia akan menerima bonus demografi, ketika jumlah penduduk usia produktif berlimpah. Ini bisa jadi keuntungan, tapi bisa juga jadi masalah besar bila kita tidak bersiap dari sekarang.

Itulah salah satu alasan mengapa BLK di pondok pesantren sangat dibutuhkan. Para santri di 29.000 pondok pesantren di seluruh Indonesia harus memiliki keterampilan lewat pelatihan yang disediakan oleh unit BLK yang relevan dengan kebutuhan dunia industri saat ini. Santri yang ikut pelatihan IT bisa diterima di perbankan, misalnya. Kenapa tidak?

Image may contain: 6 people

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link