MEGAHNYA dan CANGGIHNYA STADION LUKAS ENEMBE

MEGAHNYA dan CANGGIHNYA STADION LUKAS ENEMBE

MEGAHNYA dan CANGGIHNYA STADION LUKAS ENEMBE

Bukti keseriusan Pemerintah Provisi Papua dalam menyambut PON 2020 terpancar dari pengerjaan Stadion LUKAS ENEMBE yang sudah dimulai sejak akhir 2016. Diketahui telah rampung, Stadion yang disiapkan untuk PON 2020 ini mampu menampung 40 ribu penonton. Dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 1,3 triliun, Stadion LUKAS ENEMBE menjadi salah satu stadion termegah di kawasan Indonesia timur. Dibangun pada Desember 2016, Stadion LUKAS ENEMBE ini bahkan digadang-gadang bisa mengalahkan kemegahan dari Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua sudah mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengubah nama Stadion Papua Bangkit menjadi Stadion Lukas Enembe. Langkah ini ditempuh sebagai bentuk penghormatan kepada sosok yang telah berjasa banyak di ‘Bumi Cendrawasih’.

“Ditetapkannya Lukas Enembe sebagai nama stadion merupakan sebuah penghargaan dan penghormatan terhadap seorang pemimpin Bumi Cenderawasih selama dua periode,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa

Alexander lantas menuturkan bahwa Pemprov Papua telah mengusulkan rencana ini kepada Mendagri. Selanjutnya, tinggal menunggu nomor registrasi terbit.

“Regulasi ini sudah diusulkan ke Mendagri, sehingga apabila nomor registernya terbit, maka perubahan nama stadion sudah dapat diproses,” katanya. Rencananya, perubahan nama stadion itu akan dilakukan pada 20 Oktober 2020, bertepatan dengan peresmian seluruh venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020. Oleh karenanya, Alexander berharap semua berkas sudah selesai sebelum 20 Oktober 2020. Dengan begitu, proses pergantian nama Stadion Papua Bangkit Menjadi Stadion LUKAS ENEMBE bisa dirampungkan.

“Alasan kami memilih 20 Oktober 2020 sebagai tanggal peresmiannya, pasalnya, semula ditetapkan sebagai hari pembukaan PON XX 2020,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunjungan Gubernur Papua Kerumah Gadang Solihin Dt. Rajo Penghulu Sumatera Barat

Stadion yang akan menjadi ikon Papua ini tentunya sudah bertaraf Internasional dan sesuai standar FIFA. Selain sebagai tempat digelar pertandingan sepak bola, stadion ini juga dilengkapi lintasan atletik. Stadion LUKAS ENEMBE memiliki total area 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama 71.697 meter persegi. Penasaran bagaimana megahnya Stadion LUKAS ENEMBE ? berikut ini beberapa photo penampakannya.

 

( BY : Adrian Indra /Pimpred www.juliet1news.com )

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap