Max Abner Ohee, S.IP : Membenarkan Bahwa Gaung PON Masih Belum Menggema

Max Abner Ohee, S.IP : Membenarkan Bahwa Gaung PON Masih Belum Menggema

Max Abner Ohee, S.IP  Membenarkan Bahwa Gaung PON Masih Belum Menggema di Tanah Papua

 

Max Abner Ohee sebagai Ketua Umum DPP Aliansi Masyarakat Peduli PON Papua ( AMP3 ) membenarkan tentang apa yang disampaikan oleh wakil Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi Olahraga, Maria Duwitau menilai, hingga kini gaung Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tidak maksimal. Memang kenyataan seperti itu, jangankan ada kegiatan yang melibatkan masyarakat, gaung PON di Media sosial juga sangat sepi.

Seharusnya, dengan semakin dekat ajang pelaksanaan PON XX ini, geliat masyarakat Papua dalam menyambut Pesta Olahraga ini dapat terlihat secara nyata aktivitasnya. Dalam kondisi saat ini, jangankan berupa sosialisasi di Provinsi lain di Indonesia, sosialisasi di tanah sendiri di Papua saja tidak maksimal dan nyaris tak terdengar.

Pernyataan ini oleh Max Abner Ohee, juga sekaligus  ditujukan kepada para Pejabat Pusat Jakarta yang bertanggung jawab tentang Pelaksanaan PON XX Papua. Karena secara tanggung jawab, PON ini merupakan agenda Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua hanya sebagai penyelengara. Namun dengan demikian semua pihak yang terlibat harus sama-sama melaksanakan evaluasi dan perbaikan yang diperlukan.

Max Abner Ohee mengingatkan, bahwa dengan mengacu kepada strategi sosialisasi PON XIX di Jawa Barat bahwa Sosialisasi PON bukan hanya dilaksanakan di seluruh kota di Jawa Barat saja, bahkan kepada seluruh masyarakat Indonesia,  dilakukan dengan gebyar dan meriah. Bahkan, logo-logo dan baliho PON  XIX ada di seluruh Indonesia. Minimal, baliho PON XIX terdapat di ibu kota-ibu kota di tiap Provinsi diseluruh Indonesia. Di tiap daerah diadakan acara kesenian dan hiburan musik kepada masyarakat juga adanya berbagai pertandingan olahraga dan gerak jalan.

Strategi sosialisasi lainnya dari PON XIX ini ialah kunjungan muhibah budaya dari Propinsi Jawa Barat ke 33 Propinsi lainnya di Indonesia, sehingga benar-benar gegap gempita sosialisasi sangat terasa. Berbagai berita dan gambar-gambar visual kreatif di media sosial secara terus menerus di viralkan.

 

Max Abner Ohee, menyadari bahwa para Panitia Pelaksana PON XX Papua tentunya akan bekerja keras dalam berbagai hal, termasuk salah satunya adalah dalam hal sosialisasi Penyelenggaraan PON XX Papua ini. Sosialisasi PON XX ini sangat penting dilakukan dengan semarak, guna menumbuhkan semangat seluruh masyarakat, dan juga sekaligus untuk menginformasikan kesiapan pelaksanaan PON XX Papua.

Seandainya jika nantinya penyelengaraan PON XX Papua ini benar-benar ditunda, sosialisasi tetap harus dilaksanakan secara meriah bukan hanya di Papua saja tetapi juga harus dilaksanakan di 33 Provinsi lainnya di Indonesia.

Dalam sebuah Media Online di Papua, Max Abner Ohee memang pernah membaca bahwa Gubernur Papua, Bp. Lukas Enembe sempat kecewa dan kesal dengan kinerja para Panitia PON XX Papua yang telah ditunjuk. Max berharap agar dengan adanya teguran dari Bp Gubernur Papua yang juga adalah sebagai Ketua Umum Penyelenggara PON XX Papua, para panitia dapat segera bekerja secara baik dan profesional.

Masyarakat Papua akan memantau secara nyata dilapangan bagaimana realisasi dari kegiatan sosialisasi PON XX Papua ini. Max Abner Ohee, meminta bahwa kegiatan sosialisasi PON XIX Jawa Barat dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan kegiatan sosialisasi PON XX Papua ini.

( Report By : Adrian Indra/ Sekjend DPP AMP3 )

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link