Gerakan Restorasi Nasdem Dari Merauke sampai Sabang Untuk 2020 Menuju 2024

Gerakan Restorasi Nasdem Dari Merauke sampai Sabang Untuk 2020 Menuju 2024

Gerakan Restorasi Nasdem Dari Merauke sampai Sabang Untuk 2020 Menuju 2024

Nusirwan Chaniago, S.H seorang Pengamat Politik Nasional dan Team Lawyer dari DPP Partai Nasdem, mengingatkan kembali kepada semua Kader Partai Nasdem dari seluruh daerah di Indonesia. Makna dari Restorasi adalah perubahan Mindset para kader agar menjadi lebih dewasa dan cekatan serta jeli didalam mengambil suatu keputusan Politik. Contohnya seperti ketika ada Moment Pibup 2020, adalah merupakan suatu modal awal dari semangat restorasi bagaimana nantinya Kader yang akan dipilih itu mempunyai suatu potensi besar untuk bisa diorbitkan menjadi Gubernur didalam suatu Pilgub nantinya.

Bagi DPP Nasdem juga berlaku prinsip demikian, 2020 untuk 2024 yang mana didalam memberikan rekomendasi kepada kadernya yang akan bertarung dalam suatu Pilbup, juga harus mempertimbangkan faktor pertarungan selanjutnya di tahun 2024.

 

Restorasi dalam terminologi partai NasDem adalah gerakan memulihkan, mengembalikan, mencerahkan serta memajukan fungsi pemerintahan Indonesia kepada cita-cita Proklamasi 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. 

Garis politik partai NasDem di atas melahirkan visi “Indonesia yang merdeka sebagai Negara bangsa, berdaulat secara ekonomi, dan bermartabat dalam budaya”. Sedangkan misinya adalah: Pertama, membangun politik demokratis berkeadilan dan partisipatif. Kedua, menciptakan demokrasi ekonomi melalui tatanan demokrasi ekonomi di mana ujungnya adalah kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia (baca: Anggaran Dasar NasDem Bab II Pasal 5). 

Kerangka konseptual sebagaimana dipaparkan di atas harus diwujudkan dalam keseluruhan proses kepartaian. Setidaknya ada tiga hal yang dibutuhkan, yaitu:

(i) Rekrutmen kader dan pengurus yang diproyeksikan mengisi jabatan-jabatan struktural kepartaian;

(ii) Penguatan ideologi partai  atas  seluruh kader, baik yang di struktur dan sayap partai, serta kader-kadernya yang terdistribusi

    di lembaga-lembaga politik formal; dan

(iii) Garis-garis kebijakan dan program-program kepartaian yang dipedomani secara konsisten oleh kader partai.

Kejelasan atas kerangka konsep berpartai serta pemahaman kader dan seluruh stake holder yang terlibat di dalamnya akan memudahkan Partai NasDem mewujudkan cita-citanya untuk merestorasi Indonesia. 

Ketika Partai Nasdem menyatakan dukungan kepada menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution untuk bertarung dalam Pilkada Kota Medan. Berdasarkan survei yang diadakan NasDem, Bobby dinilai memiliki rekam jejak terbaik.

“Untuk Bobby cukup jelas, NasDem memberikan dukungan sepenuhnya,” kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh usai meresmikan Kantor DPW NasDem Sumut di Medan, Kamis (20/2/2020).

Surya Paloh menyebutkan hasil survei menunjukkan elektabilitas dan kapabilitas Bobby Nasution baik sekali. Bobby juga dinilai menonjol dibandingkan sosok lainnya. Surya bahkan memuji suami dari Kahiyang Ayu itu sebagai calon yang terbaik untuk diusung NasDem. Begitu juga untuk daerah lainnya, Kader Utama Partai Nasdem seperti Ketua DPD yang mempunyai Kinerja yang baik dan hasil survey yang juga cukup baik, itu yang patut didukung. ( SR )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap