GELIAT PON XX PAPUA : Video Bp. Lukas Enembe Melantik Ketua KONI Kab. Jayapura

GELIAT PON XX PAPUA : Video Bp. Lukas Enembe Melantik Ketua KONI Kab. Jayapura

 

Persiapan demi persiapan terus dilaksanakan oleh Gubernur Lukas Enembe dalam rangka mensuskseskan penyelenggaraan PON XX / 2020 di tanah Papua. Pada awal bulan Agustus 2019 ini, Gubernur Papua meluncurkan maskot dan logo PON XX/2020 Papua. Dipilih dua hewan endemik khas Papua, yakni Kanguru dan burung Cenderawasih.

“Dua hewan yang digunakan sebagai maskot adalah Kanguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih. Kangpho menjadi nama maskot Kanguru pohon yang selama ini populer sebagai satwa khas Australia, namun ternyata juga ada di Papua,

(Lukas Enembe, S.IP., M.H)

Hasil gambar untuk Tag line PON XX Papua

Selain logo dan maskot, sebelumnya sudah ada tagline PON XX/2020, yaitu “Torang Bisa”. Kata tersebut merupakan penyemangat khas Papua yang bertujuan untuk mengobarkan semangat juang para atlet.

Sementara itu, logo PON Papua menggunakan Stadion Papua Bangkit sebagai latar dengan ornamen gunung dan tiga buah lingkaran.

Di depan stadion tersebut, digambarkan tiga buah segitiga yang menandakan Papua memiliki banyak gunung dan dimaknai sebagai kekayaan sumber daya alam yang melimpah.

Kemudian tiga lingkaran dengan warna merah, kuning dan hijau mengartikan prestasi, sportivitas dan solidaritas yang akan menjadi pemersatu rakyat.

Selanjutnya pada tanggal 16 Agustus 2018, Lukas Enembe selaku Ketua KONI Provinsi Papua, melantik Ketua KONI Kabupaten Jayapura Mathius Mawoitauw di lapangan apel Pemda Jayapura. Pelantikan dihadiri seluruh pimpinan OPD dan seluruh pegawai di lingkup Pemda Jayapura.

Selain ketua KONI, sejumlah pengurus lainnya juga turut dilantik. Lukas Enembe dalam arahannya meminta dengan tegas kepada pengurus KONI yang baru dikukuhkan itu harus siap bekerja untuk menyukseskan pelaksanaan PON 2020 di Papua.

“Saya berharap kepada ketua KONI Kabupaten Jayapura, mempersiapkan secara baik, anak-anak  Papua yang berprestasi. Kita harus tunjukkan, bahwa inilah ciri khas orang Papua, Papua adalah gudang atlet,” (Lukas Enembe, S.IP., M.H)

Gubenur Lukas berharap agar para atlet yang berasal dari Kabupaten Jayapura harus kembali mengukir berbagai prestasi seperti yang sudah pernah ditunjukkan dalam berbagai event penting sebelumnya yang selalu menyumbang emas. Untuk itu, Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020 harus mempersiapkan diri secara baik, baik atletnya maupun masyarakatnya. ( Spesial Rerport By : Adrian Indra/Pimpred )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link