FREDERIKUS GEBZE, S.E., M.Si, PLBN SOTA ADALAH IKON BARU MERAUKE

FREDERIKUS GEBZE, S.E., M.Si, PLBN SOTA ADALAH IKON BARU MERAUKE

FREDERIKUS GEBZE, S.E., M.Si, PLBN SOTA ADALAH IKON BARU MERAUKE

Satu lagi karya anak Negeri hadir secara nyata di Merauke, yaitu Pos Lintas Batas Negara yang dibangun berdasarkan sinergi kerjasama antara Kementerian PUPR dan Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Pelaksanaan pembangunan PLBN SOTA sudah dimulai awal 2019 dengan progres fisik saat ini sebesar 81,01 persen. Bupati Frederikus Gebze optimistis pembangunan PLBN Sota selesai pada akhir 2019 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 114 miliar.

Bupati Merauke ( Frederikus Gebze, S.E., M.Si ) dalam keterangannya pada tanggal 17 Desember 20019. menyatakan bahwa PLBN SOTA akan menjadi IKON Baru bagi Kota Merauke. Team Kementerian PUPR dan Ditjend Cipta Karya akan berupaya untuk menyelesaikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Papua akhir tahun 2019.

Frederikus Gebze juga menambahkan bahwa Pembangunan PLBN SOTA ini adalah, sesuai dengan dengan amanat Nawacita yang dicetuskan Presiden Joko Widodo lima tahun silam, yaitu ”Membangun dari Pinggiran”. Tujuannya adalah untuk menjadikan kawasan perbatasan negara yang sering juga disebut sebagai ” Halaman Belakangnya Negara Indonesia, menjadi Beranda Depan yang dapat dibanggakan.

Dengan adanya pembangunan PLBN SOTA ini akan sangat banyak memberikan dampak  positif bagi pembangunan Merauke maupun juga dalam penciptaan lapangan kerja dan perputaran roda ekonomi masyarakat. Pembangunan kawasan perbatasan Sota menjadi zona inti, sub inti, dan pendukung. Pada zona inti akan dibangun PLBN gudang sita, klinik, monumen Garuda, bangunan gerbang, check point, serta didukung jalan akses menuju PLBN yang mulus dan tersedianya lahan parkir.

Selanjutnya, pada zona sub inti akan dibangun rumah pegawai, wisma Indonesia. Sementara zona pendukung akan dibangung tempat istirahat, gereja, mushola, parkir, dan renovasi Pasar Sota yang dilengkapi fasilitas 13 kios dagang.  Untuk zona pendukung lainnya juga akan dilengkapi fasilitas tempat beristirahat.

Infrastruktur permukiman bagi warga sekitar perbatasan juga akan dibangun seperti sistem penyediaan air minum (SPAM), tempat pengolahan sampah, penyediaan MCK dan septic tank komunal, jalan lingkungan dan drainase bagi masyarakat sekitar perbatasan.

Selama kepemimpinan Bupati Frederikus Gebze, berbagai proyek pembangunan dari Pusat yang berhasil direalisasikan di Merauke. Selain PLBN SOTA, ada Sentra Kelautan dan  Perikanan Terpadu ( SKPT ) Merauke, Pembangunan Bandara Udara Mopah, Pembangunan Monument Kapsul Waktu dan juga Program Pembangunan cetak sawah baru dan Pembangunan Saluran Air untuk pertanian, Program Pengembangan Lahan Gambut serta Program Bantuan Mesin alat Pertanian, Program Bantuan Kapal tangkat ikan dan mesinnya juga bantuan Alat Penangkap Ikan. ( Adrian Indra/XII/2019 )

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link