Frederikus Gebze: Pembangunan Sektor Kelistrikan Kabupaten Merauke 2016-2021

Frederikus Gebze: Pembangunan Sektor Kelistrikan Kabupaten Merauke 2016-2021

Berbagai pembenanahan pembangunan Kabupaten Merauke terus dilaksanakan oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze. Salah satunya adalah dalam Bidang kelistrikan, karena bidang ini sangat penting untuk kehidupan masyarakat dan juga untuk pengembangan industri dan usaha di Kabupaten Merauke. Penyediaan sarana listrik juga sangat dibutuhkan ditiap kampung di Merauke, karena merupakan bagian rencana jangka menengah pembangunan daerah kabupaten Merauke. Untuk pembangunan kelistrikan ini selain mengoptimalkan sumber dana yang berasal dari APBD, juga diupayakan kerjasama denga PLN Merauke dan PLN Pusat.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze menegaskan, Tahun 2020 pembangunan di tingkat kampung menjadi salah satu prioritas yang akan digenjot pembangunannya. Dengan begitu, kata bupati, sebagai upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan hingga di kampung-kampung. Baik aspek infrastruktur jalan dan jembatan hingga perumahan bagi tenaga guru dan medis di sana (kampung) guna mendukung aparatur menjalankan tugas pelayanan masyarakat.

“Kalau kita lihat saat ini di dalam kota sudah mulai representatif. Tahun 2020, kita akan fokus pembangunan di kampung-kampung. DPRD dan Pemda setuju anggaran Otsus akan fokus digunakan untuk pembangunan perumahan, pendidikan dan kesehatan,” bebernya. Kendati begitu, Pemkab Merauke tidak mengabaikan agenda utama pembangunan di Merauke pada sektor pertanian, perikanan yang sesuai dengan RPJMD. Dan tidak ketinggalan pembangunan juga fokus untuk suksesi perhelatan olahraga 4 tahunan, PON ke XX di tahun 2020.

Penyerapan Anggaran Capai 90 Persen
Bupati Merauke mengungkapkan, capaian progres penyerapan anggaran tahun 2019 telah mencapai 90 an persen.

Menurutnya, hampir setiap tahunnya penyerapan anggaran di Merauke tercatat cukup sukses.

“Dari sisi pembangunan, dengan penyerapan anggaran Kabupaten Merauke dalam penerimaan dan penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik di Papua terserap dengan baik sesuai mekanisme dan penggunaan. Hingga akhir tahun, dari 3 sumber anggaran penyerapannya bisa diatas 80 hingga 95 persen, ” ujarnya kepada wartawan, belum lama ini.

Baca Juga :  FREDERIKUS GEBZE : KEMAJUAN PEMBANGUNAN MERAUKE : PROGRAM PEMERINTAH PUSAT YANG BEKERJASAMA DENGAN PEMDA MERAUKE

Umumnya, lanjut bupati, penyerapan mulai tinggi terjadi di bulan September, Oktober hingga November. “APBD kita tepat waktu, di Bulan Desember mulai membuka tender tayang dilanjutkan kontrak di Januari, sehingga pada Februari nanti sudah dapat lakukan pekerjaaan,” pungkasnya.

Guna memperkuat sistem kelistrikan di Papua, PT PLN Unit Induk Pembangunan Papua dan Papua Barat (UIP2B) tengah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Merauke. Manager Unit Pelaksana Proyek PLN UIP Papua, Hendra Fitria menyampaikan, saat ini pihaknya telah melakukan persiapan dengan tahapan awal, yakni sinkronisasi pada PLTMG berdaya 20 MW.

“Sinkronisasi adalah tahapan untuk menguji kemampuan dan kesiapan pembangkit menyalurkan daya listrik ke jaringan listrik yang ada di suatu daerah,” katanya, di Kota Jayapura, Papua, Sabtu, 21 September 2019.

Menurut Hendra, tahap awal sinkronisasi ini mulai pada 14 September 2019 dan akan selesai 28 September 2019. Setelah itu, dapat dilanjutkan ke tahap pengujian layak operasi. Hendra juga mengatakan, pembangunan PLTMG yang terletak di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kelurahan Karang Indah, Merauke itu sudah dimulai sejak 2017 lalu dan kini progres pembangunannya 93,8 persen.

“Di mana kini daya mampu sistem kelistrikan Merauke sekitar 18,33 MW. Sebab beberapa mesin PLTD sedang dalam tahap pengecekan dan perawatan berkala, sementara beban puncak dapat mencapai 19 MW,” jelas Hendra.

Keadaan ini, kata Hendra, sangat menjadi perhatian bagi pihak PLN agar mengurangi pemadam, dengan begitu masyarakat bisa menikmati listrik dengan nyaman.

“PLTMG Merauke merupakan salah satu dari dua pembangkit yang sedang dibangun di Kabupaten Merauke. Sedangkan, satunya PLTMG Merauke 2, dengan daya 20 MW di lokasi yang bersebelahan. Di mana pembangunan ini, bagian program 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah beberapa tahun lalu,” terang Hendra.

Baca Juga :  Potret Kinerja Frederikus Gebze Tahun 2016 ( 1 )

Selain PLTMG Merauke, kata Hendra, pihak PT PLN UIP2B juga saat ini sedang mempersiapkan operasional PLTMG Biak di Biak Numfor dan PLTMG Peaker di Jayapura ( Sri )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap