Frederikus Gebze : Monument Kapsul Waktu Adalah Maha Karya Yang Indah Yang Jadi ICON Baru Merauke

Frederikus Gebze : Monument Kapsul Waktu Adalah Maha Karya Yang Indah Yang Jadi ICON Baru Merauke

 

Media sosial belum lama ini diramaikan dengan hadirnya sebuah monumen yang menyerupai markas pasukan hero komik Marvel, Avengers di Merauke, Papua. Pasalnya, monumen tersebut bukanlah cerita hoax, tapi memang milik Indonesia dan baru saja diresmikan oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi dan orang nomor satu di Kabupaten Merauke Frederikus Gebze.

Gagasan desain Monumen Kapsul Waktu terinspirasi dari berbagai elemen pertahanan suku-suku di Papua yang akan menjaga cita-cita bangsa Indonesia. Secara garis besar, ada dua elemen utama yang penting bagi pertahanan suku di Papua, yaitu tombak dan tameng (perisai)

Di puncak Monumen Kapsul Waktu, terdapat sebuah spot bertajuk Watching Tower yang menjadi tempat persemayaman kapsul waktu. Kapsul waktu akan ditempatkan di sebuah mangkuk besi berbentuk bulat yang dikelilingi mahkota menara kayou, yang di bawahnya akan diisi relief kronologi pembentukan Pancasila.

Kapsul waktu merupakan sebutan bagi tabung besi yang berisi catatan tentang impian dan harapan anak-anak Indonesia yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia yang dikumpulkan oleh ekspedisi milik pemerintah pada tahun 2015.
Kapsul waktu itu kemudian akan disimpan selama 70 tahun dan akan dibuka pada 17 Agustus 2085, saat merayakan kemerdekaan Indonesia. Berlokasi di depan Kantor Bupati Merauke dan bandara Mopah, bagian tombak Monumen Kapsul Waktu memiliki lebar 17 meter, tinggi delapan meter, dan panjang 45 meter.
Terdapat tujuh impian anak-anak Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur yang tersimpan pada monumen itu, dan baru akan dibuka pada 2085 atau 70 tahun lagi dari sekarang.( Seirejeki/XII/2019 )
Baca Juga :  RAPAT TINGKAT MENTERI MEMBAHAS PERSIAPAN PON XX dan PEPARNAS XVI PAPUA 2020

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap