Frederikus Gebze  Kerja Membangun Merauke : Teknologi Inovatif Balitbangtan Mendukung Program Pertanian Pemda Merauke

Frederikus Gebze Kerja Membangun Merauke : Teknologi Inovatif Balitbangtan Mendukung Program Pertanian Pemda Merauke

Frederikus Gebze, Kerja Membangun Merauke : Teknologi Inovatif Balitbangtan Mendukung Program Pertanian Pemda Merauke

Evaluasi pada suatu kegiatan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk melihat sejauh mana kegiatan itu memberikan manfaat dan kontribusi. Hal ini pula yang dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Merauke pada hari ini (29 April 2019), melaksanakan Rapat Kerja Teknis yang berlangsung selama sehari di Gedung Pertemuan Bella Fiesta. Rakernis ini bertujuan sebagai evaluasi kegiatan tahun 2018 dan sosialisasi rencana kegiatan tahun 2019.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, S.E, M.si Wakil Ketua DPRD Merauke, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Merauke Edy Santosa B.Sc, Kepala BPTP Balitbangtan Papua yang diwakili oleh Koordinator IP2TP Merauke Sudarsono, SP, Kepala Bulog Sub Divre Merauke, Kepala BPS Merauke, Kepala Karantina Pertanian Kelas II Merauke, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Kepala Stasiun Klimatologi Tanah Miring Merauke, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, PT. Pupuk Kaltim, Kepala Bank Papua cabang Merauke dan Penyuluh Pertanian se Kab. Merauke.

Mengawali sambutannya, Fredy Gebze, S.E., M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pahlawan pertanian, yaitu petani dan seluruh pihak yang dengan dedikasi tinggi berjuang untuk kemajuan pertanian.

” Merauke tidak hanya dikenal karena sejarahnya namun juga karena produksi pertanian yang unggul khususnya di Kawasan Timur Indonesia ” ( Frederikus Gebze )

“Merauke telah melakukan ekspor beberapa komoditas pertanian ke Oman, Arab dan PNG, direncanakan pula akan dilaksanakan ekspor beras sebanyak 100 ton ke Israel. Merauke juga telah melakukan ekspor beras 70 Ton ke PNG yang dikirim menggunakan kapal laut melalui Jayapura dan Melalui Pesawat Trigana Air” ( Frederikus Gebze )

Berkat kerja keras dan kerja cerdas kita semua, komoditi lainnya yang juga sudah berhasil diekspor oleh Merauke adalah Minyak Sawit dan Kepiting Bakau ( Frederikus Gebze )

Dalam rapat tersebut, Edy Santosa melaporkan bahwa tahun 2018 produksi beras mengalami peningkatan menjadi 290.000 ton, meningkat 44% dari tahun 2017. Tahun 2019 produksi beras ditargetkan lebih dari 300.000 ton. Tahun 2019 Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Merauke memprogramkan beberapa kegiatan, baik yang bersumber dari dana APBN maupun APBD untuk sektor pangan, perkebunan, hortikultura dan lahan.

Untuk bidang pangan diprogramkan pengembangan padi inbrida mendukung KEK seluas 10.880 ha, budidaya tumpangsari padi-jagung seluas 4.000 ha dan pengembangan ubi jalar seluas 80 ha. Pada bidang hortikultura diarahkan pada pengembangan komoditas cabai, bawang merah dan beberapa jenis sayuran. Untuk bidang perkebunan diarahkan pada pengembangan komoditas lada, vanili, pinang, kelapa dan sagu. Sementara untuk kegiatan ekstensifikasi, tahun 2019 direncanakan akan dilakukan perluasan areal sawah seluas 800 ha yang tersebar di 7 Kampung 4 Distrik.

  

Untuk keberhasilan suatu program, khususnya bidang pertanian dibutuhkan pendekatan teknologi dalam pelaksanaaanya, demikian yang disampaikan oleh Sudarsono pada sesi presentasi narasumber. Sudarsono menambahkan bahwa Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan ratusan teknologi pertanian yang siap pakai, mulai dari informasi dasar pertanian, benih dan varietas unggul baru berbagai komoditas, perangkat uji tanah, pupuk hayati, pestisida hayati-nabati, mekanisasi, hingga teknologi pengelolaan hasil telah tersedia.

Dengan teknologi inovatif Balitbangtan, BPTP Papua siap mengantarkan kesuksesan program pertanian di Papua dan Merauke pada khususnya menuju swasembada pangan dan Mendukung program Presiden Joko Widodo, Merauke sebagai penghasil Komoditi Perkebunan Yang berorientasi Ekspor seperti Lada/Merica, Kakao/coklat Hybrida Unggul, durian Unggul.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap