FREDERIKUS GEBZE ( INFO INOVASI UMKM ) ” SELAI MANGGA “

FREDERIKUS GEBZE ( INFO INOVASI UMKM ) ” SELAI MANGGA “

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mnyatakan bahwa UKM-UKM yang dibuka di Kota Merauke terus mengalami perkembangan pesat. Semakin banyak masyarakat yang mengelola usaha dan bergerak di berbagai sektor seperti rumah makan, bengkel, rental mobil dan rental computer, pembuatan kue, usaha pembibitan, ternak ayam, ternak ikan, kerajinan kulit buaya, dan kerajianan souvenir lainnya.

Oleh sebab itu sejak tahun lalu Pemda Kabupaten Merauke gencar melakukan pendataan meskipun diakui belum semua usaha sudah terdata. Beberapa kawasan distrik memang sudah terdata dengan jumlah hingga 1.300 lebih khusus untuk usaha mikro. Sedangkan untuk usaha kecil ada sekitar 50 usaha. Adapun distrik yang belum terdata antara lain Distrik Semangga, Tanah Miring dan Jagebob karena masih dalam proses.

Buapti Frederikus Gebze menjelaskan, untuk usaha yang sudah termasuk kategori menengah dan skala besar sudah tidak dilakukan pendampingan dan lebih fokus kepada usaha kecil. UKM di Merauke berkembang luar biasa namun yang paling menonjol masih rumah atau warung makan. Tentunya banyak factor yang menyebabkan larisnya usaha yang satu ini karena masyarakat banyak yang sibuk bekerja di kantor sehingga lebih memilih untuk membeli makanan di luar rumah

Menurutnya, keberadaan rumah makan membuat segalanya menjadi lebih praktis terutama bagi suami istri yang bekerja. Tentunya tidak memiliki waktu luang untuk memasak karena hanya bisa dilakukan saat hari libur saja. Tidak heran jika ada orang yang membuka warung atau rumah makan pasti ada saja pembeli yang datang. Ini menunjukkan bahwa bisnis di bidang ini cukup menjanjikan di Merauke. Tentunya harus didukung pula dengan modal yang cukup dan makanan yang dijual higienis. Meskipun semua kembali lagi tergantung pada rasa makanan sebagai daya tarik oleh sebab itu sebuah warung makan harus mampu mempertahankan rasa.

Untuk produk Home Industri lainnya Bupati Frederikus Gebze, akan mendorong jika warga masyarakat ada yang ingin mengembangkan usaha seperti dodol dan selai mangga atau dodol dan selai nenas, karena semua buah tersebut sangat banyak ada di Merauke. Kedepannya juga akan diupayakan untuk membuat pabrik Nenas dan Ikan kalengan sehingga bisa dieksport ke luar negeri.

( Srirejeki/XII/2019 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap