Frederikus Gebze ( FEBRUARI 2018 ) Kilas Balik Kinerja  Memimpin Kabupaten Merauke

Frederikus Gebze ( FEBRUARI 2018 ) Kilas Balik Kinerja Memimpin Kabupaten Merauke

Bupati Merauke Frederikus Gebze mulai dari tahun 2016 sd tahun 2019 giat membangun Merauke dalam berbagai bidang. Frederikus Gebze sejak tahun 2016 memang sudah menargetkan bahwa pada tahun 2021 atau tahun 2022 Kota Merauke harus maju dan layak untuk bisa dijadikan sebagai Ibukota Propinsi Papua Selatan.

Penunjukan atau penetapan kota Merauke sebagai Ibukota Propinsi Papua Selatan, banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi, khususnya yang utama adalah situasi keamanan daerah, infrastruktur kota, perkembangan perekonomian masyarakat dan fasilitas perkantoran serta fasilitas umum lainnya yang harus tersedia dengan baik.

Frederikus Gebze, sebagai Pimpinan Daerah, menyadari bahwa untuk bisa memacu pembangunan Kota Merauke lebih cepat dan lebih maju, diperlukan juga bantuan program pembangunan dan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya dan pengusulan-pengusulan ke pemerintah pusat tentang berbagai program pembangunan yang berasal dari anggaran Pusat yang bisa dibangun di Kabupaten Merauke.

Frederikus Gebze berupaya sangat keras untuk bisa meyakinkan pemerintah pusat dalam hal pentingnya membangun Merauke sebagai daerah yang paling timur Indonesia dan berbatasan dengan negara Papua Nugini.

Beberapa program pembangunan yang diusulkan oleh Bupati Frederikus Gebze sejak tahun 2016 adalah sebagai berikut : 1. Pembangunan Bandara Udara Mopah, 2. Pembangunan PLBN Sota, 3. Pembangunan Monument Kapsul Waktu 4. Pembangunan Sentra Perikanan Nusantara 5. Pembangunan Saluran Air untuk pertanian 6. Pembangunan Rumah Layak Huni 7. Pembangunan Jalan Trans Papua di ruas Merauke 8. Bantuan Alat Pertanian Modern untuk petani di Merauke. 8. Bantuan kapal Penangkap ikan dan mesinnya untuk nelayan 9. Rehap stadion Kaltalpal. 10. Proyek Palapa Ring.

Lihatlah pada saat ini, jaringan Internet cukup baik di Merauke, sehingga masyarakat bisa mengakses berbagai informasi dan juga dapat berkomunikasi dengan memakai media sosial. Bahkan dibeberapa titik, pemerintah daerah kabupaten merauke juga sudah menyediakan fasilitas Internet Gratis.

Masyarakat Merauke harus faham, bahwa tidak semua daerah di Indonesia dan di Papua yang bisa dijangkau oleh layanan internet yang cepat baik.

Pengusulan program-program pembangunan yang berasal dari anggaran pusat ini, harus juga dilakukan dengan berbagai rapat baik dengan kementrerian terkait, DPR RI, Kementerian Keuangan. Karena setiap program pembangunan yang berasal dari anggaran pusat tidak datang begitu saja seperti air hujan yang turun dari langit.

Anggaran APBN yang dialokasikan untuk daerah itu sangat terbatas, banyak daerah lain yang mengusulkan juga. Dalam hal ini, bagaimana Frederikus Gebze bisa menyakinkan pejabat pemerintahan pusat di Jakarta sehingga memang dipandang bahwa pembangunan-pembangunan yang disulkan oleh pemerintah daerah Merauke itu memang sangat diperlukan dan menjadi program prioritas.

Bupati Frederikus Gebze sudah memperhitungkan, akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh masyarakat Meraukem jika nantinya Merauke disetujui oleh pemerintah pusat menjadi sebagai ibukota Propinsi Papua Selatan.

Selain akan meningkatkan pembangunan dalam berbagai bidang, perputaran roda perekonomian masyarakat akan meningkat. Karena berbagai dana dari pusat maupun dana dari swasta akan banyak dinvestasikan didalam membangun Propinsi Papua Selatan nantinya.

Semua daerah tingkat II ( kabupaten/Kota ) di seluruh Indonesia, sudah pasti ingin daerahnya menjadi propinsi, dan berlomba-lomba berupaya dengan sekuat tenaga untuk bisa mencapainya. Seperti kita ketahui bersama, bukanlah suatu hal yang mudah bagi Pemerintah Pusat untuk bisa menyetujui peningkatan status daerah dari kabupaten menjadi propinsi.

Kabupaten Merauke harus berbangga dan harus bersyukur, karena secara de facto menteri Dalam Negeri dan Presiden RI sudah menyetujui perubahan stautus daerah tersebut.

Keberhasilan Kabupaten Merauke yang bisa menjadi lumbung pangan Nasional dan juga menggekspor berbagai komoditas pertanian, perkebunan.perikanan ke manca negara adalah sesuatu pretasi yang sangat luar biasa. Belum banyak daerah di Indonesia yang bisa melakukan hal itu.

Khusus untuk propinsi Papua, hanya kabupaten Meraukelah yang mampu dan terbukti bisa berbuat seperti itu. Semenjak kabupaten Merauke, dipimpin oleh Bupati Frederikus Gebze, kabupaten Merauke sudah menjadi daerah yang sangat dihormati oelh daerah lainnya, karena berbagai prestasi dan penghargaan atas kemajuan pembangunan yang berhasil dicapai. Dengan berbagai potensi kekayaan daerah dan laut serta lahan gambut Merauke, pemerintah pusat sangat berharap Merauke bisa lebih mampu mengembangkan semua potensi yang ada itu, sehingga masyarakatnya menjadi sejahtera.

Bupati Frederikus Gebze akan terus melanjutkan pembangunan di Kabupaten Merauke ini pada periode pemerintahan berikutnya pada tahun 2021-2026. Dengan demikian, pondasi dasar pembangunan yang telah diletakan sejak pemerintah periode pertama ini secara terprogram akan bisa dilanjutkan. Karena nantinya jika Buapti kabupaten Merauke, adalah Bupati yang lain, tentunya Program pembangunannya akan berubah dengan konsep yang berbeda.

Dan bisa-bisa rencana penetapan Merauke sebagai Ibukota Propinsi Papua Selatan tidak jadi atau tidak disetujui oleh Bupati yang baru tersebut. Kondisi seperti ini adalah kondisi kemunduran bagi pembangunan kota Merauke dan juga bagi upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat Merauke.

Bupati Frederikus Gebze sebagai anak asli suku Marind, sangat memahami bahwa dalam upaya membangun Merauke juga harus memperhatikan kearifan lokal budaya masyarakat Marind dan juga upaya dalam hal menjaga kelestarian alam. Masyarakat Asli Merauke juga banyak yang sudah dipersiapkan dalam hal pendidikan dan keterampilan tertentu diberbagai bidang, agar nantinya juga bisa ikut berperan didalam perubahan pembangunan yang akan terjadi di Kabupaten Merauke.

Walaupun ada suara pro dan kontra dari beberapa unsur masyarakat Merauke tentang pembentukan Propinsi Papua ini, bagi Bupati Frederikus Gebze, hal itu sebagai sesuatu dinamika yang wajar. Pertimbangan utama bagi Bupati Frederikus Gebze, adalah mamfaat dari meningkatnya status Kota Merauke dari Ibukota Kabupaten menjadi ibukota propinsim jika dianalisa dari berbagai sudur keilmuan dan cara berfikir dengan logika Ilmiah, hal itu akan sangat menguntungkan bagi Masyarakat Merauke maupun masyarakat asli lokal Merauke.

Dalam hal untuk pembanguan Masyarakat Asli Merauke sumber dana yang terbesar adalah dari dana Otsus. Selama ini kabupaten Merauke hanya menerima dengan prosentase yang kecil dana Otsus tersebut dari Propinsi Papua. Apabila nantinya Merauke menjadi Ibukota Prpoinsi Papua Selatan, Merauke akan menerima dana Otsus tersendiri yang tentunya jumlah akan jauh lebih besar dari jumlah yang diterima saat ini. ( Adrian Indra )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap