Frederikus Gebze ( Bupati Merauke ) Meraih YOKATTA GOLDEN AWARDS 2017

Frederikus Gebze ( Bupati Merauke ) Meraih YOKATTA GOLDEN AWARDS 2017

Ini Dia Peraih YOKATTA Golden Awards 2017

YOKATTA Golden Awards 2017 hadir sebagai bentuk dukungan serta motivasi bagi para pemimpin dalam merealisasikan program-program pembangunan. MEREKA yang mendapatkan anugerah ini tidak lain merupakan pejabat daerah yang bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan masyarakat melalui program-program pembangunan, kemudian terpublikasi media.

Berikut adalah rangkuman bukti kerja nyata para pemimpin daerah yang mendapatkan penghargaan YOKATTA Golden Awards 2017.

Lima tahun memimpin Nusa Tenggara Timur (NTT), pria ramah ini harus bolak-balik ke Jakarta menemui Presiden Joko Widodo untuk memperjuangkan pembangunan tujuh bendungan besar. Hal ini dia lakukan demi memenuhi persediaan air bagi lahan pertanian sawah di Provinsi NTT. Oleh sebab itu, Gubernur NTT FransLebu Raya layak menerima nominasi YOKATTA Golden Awards 2017 untuk kategori Pembangunan Infrastruktur Pertanian.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, S.E., M.Si, menggebrak pembangunan Merauke dengan membangun bidang Pertanian, Perikanan dan Peternakan serta Perkebunan Merauke. Beberapa komoditi dari Pertanian, Perikanan, Perkebunan bahkan sudah berhasil menembus pasar ekspor. Bupati Frederikus Gebze telah berhasil menjadikan Kabupaten Merauke sebagian daerah satu-satunya di Propinsi Papua yang bisa swasembada pangan dan beberapa kebutuhan bahan pokok.

Wali Kota Malang H. Mochamad Anton mulai menyusun Rencana Detail Tata Ruang Wilayah (RDTRW) di tingkat kecamatan sejak setahun lalu. Pemerintah Kota Malang pun konsisten dalam hal pemenuhan ruang terbuka hijau. Itu sebabnya, sang Wali Kota layak mendapatkan YOKATTA Golden Awards 2017.

Sementara, untuk kategori Smart City, Wali Kota Bandung RidwanKamil berhasil menerima YOKATTA Golden Awards 2017, sebab Bandung memang jagonya soal smart city. Saat ini Kota Bandung menjadi rujukan daerah lain dalam implementasi smart city, khususnya di bidang pelayanan publik.

Lalu, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Komunikasi Publik. Terpilihnya Lis Darmansyah karena sebagai pelayan masyarakat, ia merasa berkewajiban melakukan komunikasi intens dengan warga Tanjungpinang. Ia tidak pernah lelah menerima tamu, membalas pesan, baik itu SMS, maupun pesan WhatsApp dari warganya.

“Penghargaan ini menjadi bentuk motivasi bagi Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam meningkatkan promosi daerah. Kedepan, kita akan bangun komunikasi sehingga akan terjalin kerjasama dengan Majalah YOKATTA News yang akan mengenalkan Tanjungpinang sebagai tujuan destinasi wisata di kancah nasional dan internasional,” kata Lis.

Wakil Bupati Lima Puluh Kota FerizalRidwan menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pelestarian Sejarah (PDRI). Dia tak mengenal lelah mengingatkan Pemerintah Pusat untuk membangun monumen nasional Tan Malaka sebagai salah satu tokoh pendiri bangsa yang lahir dan berasal dari Kabupaten Lima Puluh Kota ini.

“Alhamdulillah, kita jadi satu-satunya wakil kepala daerah penerima penghargaan YOKATTA Golden Awards tahun ini. Penghargaan atas pelestarian nilai sejarah Indonesia yakni tokoh pendiri republik Tan Malaka dan PDRI merupakan sebuah penilaian objektif sebuah perusahaan media independen,” kata FerizalRidwan.

Kemudian, YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pembangunan Ketahanan Pangan diberikan kepada Bupati Aceh Timur H.HasballahHM.Thaib. Dibawah kepemimpinannya, Kabupaten Aceh Timur maju pesat dalam hal pembangunan ketahanan pangan. Aceh Timur berhasil menjalankan Program Upaya Khusus Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai pada 2016.

“Berkat bantuan dan kerjasama serta kerja keras semua pihak, termasuk pejabat SKPD, sehingga dianugerahi penghargaan ini. Terimakasih YOKATTA,” ujar pria dengan sapaan akrab Rocky ini.

Berlanjut ke Kabupaten PenajamPaser Utara (PPU). Kabupaten tersebut menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pengembangan UMKM. Sejak menjabat sebagai Bupati, Drs. H. YusranAspar, M.Si. telah meluncurkan kredit UMKM dengan bunga 6% sebelum Pemerintah Pusat meluncurkan kredit usaha rakyat (KUR) pada 2007 dengan bunga 9%.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu penilaian independen YOKATTA Golden Awards kepadaKabupaten PPU. Bahkan menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Timur yang meraih penghargaan dan mampu sejajar dan tak kalah dengan kabupaten/kota, bahkan provinsi lain di luar Kalimantan Timur,” kata Yusran.

Menuju Kabupaten Lombok Tengah. Kabupaten tersebut menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pariwisata Bahari. Lombok Tengah terus fokus mengembangkan dan membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika Resort. Keberadaan Mandalika Resort ini mampu menggenjot perekonomian masyarakat sekitar.

“Penghargaan ini penting bagi kami berdua sebagai motivasi kami dan masyarakat untuk terus berupaya memajukan dunia pariwisata kami, semoga kedepan Lombok Tengah semakin berkembang pesat kemajuan destinasinya,” ujar Wakil Bupati Lombok Tengah yang mewakili Bupati H.M.SuhailiFadhilThohir saat menerima penghargaan.

Sementara itu, YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Agrowisata diberikan kepada Kabupaten Pasuruan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus fokus menggerakkan ekonomi kreatif dengan memaksimalkan agrowisata di 2017. Bidang ini menjadi motor penggerak UMKM.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, potensi agrowisata di Kabupaten Pasuruan sangat besar, bahkan secara terus-menerus ditingkatkan dengan cara publikasi maupun pengembangan agrowisata itu sendiri.

Beralih ke Kabupaten Nias yang mendapat YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pembangunan Infrastruktur Pedesaan. Bupati Nias SokhiatuloLaoli layak menerima penghargaan ini karena selama lima tahun memimpin, ia berjuang keras menyelesaikan pembangunan infrastruktur pedesaan dengan membuka akses jalan, pelayanan kesehatan, hingga pendidikan.

Lain halnya dengan Kabupaten Ende. Bupati Ende Ir. Marselinus Y.W Petu meluncurkan Program Ende Learning sejak 2015. Program ini mengembangkan sistem pembelajaran berbasis aplikasi android bagi siswa-siswi di Kabupaten Ende. Karena itulah, ia layak menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Peningkatan Mutu Pendidikan.

Kabupaten Manggarai Barat juga menerima YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pengembangan Pariwisata. Sebab, Pemkab Manggarai Barat berhasil menata pariwisata dengan baik di sekitar Pulau Komodo agar lebih banyak wisatawan yang berkunjung. Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dola pun berkomitmen untuk menyediakan infrastruktur pariwisata Labuan Bajo dan Pulau Komodo.

YOKATTA Golden Awards 2017 kategori Pembinaan Umat Beragama diraih Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura MathiusAwoitauw layak mendapatkan penghargaan itu karena dia berhasil melakukan pembinaan umat beragama di kabupaten yang ia pimpin.

“Penghargaan yang diberikan ini dari pihak luar, bukan dari pemerintah. Tetapi, dari media massa yang melihat bagaimana masyarakat di Kabupaten Jayapura dari semua komponen, seluruh paguyuban, juga masyarakat adat di sembilan wilayah adat. Mereka menghargai perbedaan, menghargai etnis, dan suku bangsa dengan memberikan perhatian besar terhadap keberagaman yang dimiliki oleh Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Daftar Penerima Anugerah YOKATTA Golden Awards 2017

No Penerima Kategori
1 Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan Tokoh Pengembangan Wirausaha Baru
2 Gubernur NTT FransLebu Raya Tokoh pembangunan infrastruktur pertanian
     
3 Bupati Pasuruan H.M. Irsyad Yusuf Agrowisata
4 Bupati PenajamPaser Utara YusranAspar Pengembangan UMKM
5 Bupati NiasShokhiatuloLaoly Pembangunan Infrastruktur Pedesaan
6 Bupati Cianjur IrvanRivanoMuchtar Penegakan Ibadah Sholat Subuh Berjamaah
7 Bupati Jayapura MathiusAwoitauw Pembinaan Umat Beragama
8 Bupati Purwakarta DediMulyadi Kepala Daerah Inspirator, Inovator dan Motivator
9 Wakil Bupati Lima Puluh Kota FerizalRidwan Pelestarian Sejarah (PDRI) Pemerintahan Darurat Republik Indonesia
10 Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib, Tokoh Pembangunan Ketahanan Pangan
11 Bupati EndeMarselinusPetu Tokoh pembaruan peningkatan Mutu Pendidikan
12 Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dulla Pengembangan Pariwisata
13 Bupati Merauke FrederikusGebze Tokoh Lumbung Pangan
14 Bupati H.M SuhailiFadhilThohir Pariwisata Bahari
15 Wali Kota Bandung RidwanKamil Smart City
16 Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah Tokoh Komunikasi Publik
17 Wali Kota Jayapura BenhurTomi Mano Tokoh Pelayanan Kependudukan
18 Wali Kota Cirebon NasrudinAzis Tokoh Pelestarian Kebudayaan
19 Wali Kota Malang Haji Mochamad Anton Tata Ruang Wilayah
20 Wali Kota Depok Mohammad Idris Kota Layak Anak
21 Wali Kota Kupang Jonas Salean Pengembangan UMKM
22 Wali Kota Tangerang Selatan AirinRachmiDiany

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap