FREDERIKUS GEBZE, Batik Merauke/Batik Marind jadi cenderamata PON XX Papua 2020

FREDERIKUS GEBZE, Batik Merauke/Batik Marind jadi cenderamata PON XX Papua 2020

Frederikus Gebze, Batik Merauke/Batik Marind jadi Cenderamata PON XX Papua 2020

Bertepatan dengan moment peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI, Bupati Merauke Frederikus Gebze,SE,M.Si melaunching Batik Marind. Menurut Bupati, ini bertujuan untuk mengangkat identitas budaya dan jati diri masyarakat Marind di Bumi Anim Ha sehingga keberadaannya harus terus dilestarikan.

“Ini adalah hasil pemikiran untuk menghargai Tanah Anim Ha, tanah yang sudah diberkati,” ( Frederikus Gebze )

Lanjut Bupati, ini adalah baju pertama kali dalam sejarah di wilayah Kabupaten Merauke membuat batik ala Malind. Ini sebagai identitas keaslian jati diri di tanah ini.

”Ini kita launching pertama, baju ini pakas anim pemberani, ada lagi berkelimpahan, kerendahan hati dan masih banyak ornament yang harus kita angkat,” ( Frederikus Gebze )

Bupati menegaskan, batik alam Malind ini sudah dipatenkan. Jadi, siapapun tidak boleh menjiplak tanpa seijin dari Bupati Merauke. Baju tersebut juga akan menjadi ciri khas, dimana Muspida akan menggunakan ketika ada acara-acara dan untuk masyarakat termasuk sekolah akan disesuaikan.

“Hargailah kita punya hasil yang ada di sini. Ini sudah dipatenkan, tidak boleh menjiplak tanpa seijin Bupati Merauke. Ini hak, harus minta ijin, ini hak paten. Ini baju akan menjadi ciri khas. Jadi jelas, kita punya identitas,” ( Frederikus Gebze )

Batik Merauke akan dijadikan buah tangan untuk para tamu yang akan datang ke Merauke, Papua dalam rangka PON XX Papua 2020.

“Kabupaten Merauke menjadi salah satu daerah pelaksana kegiatan PON XX 2020 akan menyiapkan berbagai kerajinan tangan yang akan menjadi buah tangan dari para tamu yang akan datang ke Merauke,” ( Frederikus Gebze )

Menurut Bupati Frederikus Gebze, Batik Merauke ini berbeda dengan Batik Papua lainnya. Batik Merauke memiliki motif sendiri.

“Tapi ini akan ditangani oleh gerakan kerajinan tangan Kabupaten Merauke yang diketuai oleh Ketua TP PKK Kabupaten Merauke. Kebetulan Sabtu (25/5) kemarin, pengurus ini baru dilantik oleh Bupati Merauke. Jadi nanti juta akan memberikan dukungan ke sana,” ( Frederikus Gebze )

Selain batik Merauke, jelas Bupati Frederikus Febze, juga anyam-anyaman dan Noken yang berciri khas Merauke akan menjadi cenderamata.Saat ini Bupati Frederikus Gebze terus membina dan mengembangkan motif Merauke ini dengan berbagai corak desain yang menarik.

( Jeje Seri Rejeki )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap