EMI ENEMBE, S,IP., M.Si, Ditetapkan Sebagai Ketum DPP Perhimpunan Masyarakat Pertanian Indonesia ( PMPI )

EMI ENEMBE, S,IP., M.Si, Ditetapkan Sebagai Ketum DPP Perhimpunan Masyarakat Pertanian Indonesia ( PMPI )

EMI ENEMBE, S,IP., M.Si, Ketum DPP Perhimpunan Masyarakat Pertanian Indonesia ( PMPI )

 

Pada Tanggal 10 November 2020, melalui rapat Anggota dan Rapatr Dewan Pendiri PMPI, telah menetapkan EMI ENEMBE, S.IP., M.Si sebagai Ketua Umum DPP PERHIMPUNAN MASYARAKAT TANI INDONESIA ( PMPI ). Emi Enembe menyampaikan bahwa Pembangunan Pertanian ( Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan ) di Indonesia tetap dianggap terpenting dari keseluruhan pembangunan ekonomi, apalagi semenjak sektor pertanian ini menjadi penyelamat perekonomian nasional karena justru pertumbuhannya meningkat, sementara sektor lain pertumbuhannya negatif.

Beberapa alasan yang mendasari pentingnya pertanian di Indonesia :

(1) potensi sumberdayanya yang besar dan beragam,

(2) pangsa terhadap pendapatan nasional cukup besar,

(3) besarnya penduduk yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini dan

(4) menjadi basis pertumbuhan di pedesaan. Potensi pertanian yang besar namun sebagian besar dari petani masih banyak yang termasuk golongan petani miskin adalah sangat ironis terjadi di Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah bukan saja kurang memberdayakan petani akan tetapi termasuk sektor pertanian secara keseluruhan. Disisi lain adanya peningkatan investasi dalam pertanian yang dilakukan oleh investor Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang berorientasi pada pasar ekspor umumnya padat modal dan peranannya kecil dalam penyerapan tenaga kerja atau lebih banyak menciptakan buruh tani.

Berdasarkan hal tersebut ditambah dengan kenyataan justru kuatnya aksesibilitas pada investor asing/swasta besar dibandingkan dengan petani kecil dalam pemanfaatan sumberdaya pertanian di Indonesia, maka dipandang perlu adanya grand strategy pembangunan pertanian melalui pemberdayaan petani kecil. Melalui konsepsi tersebut, maka diharapkan mampu menumbuhkan sektor pertanian, sehingga pada gilirannya mampu menjadi sumber pertumbuhan baru bagi perekonomian Indonesia, khususnya dalam hal pencapaian sasaran :

(1) mensejahterakan petani,

(2) menyediakan pangan,

(3) sebagai wahana pemerataan pembangunan untuk mengatasi kesenjangan pendapatan antar masyarakat maupun kesenjangan antar wilayah.

Tugas Pokok dari PMPI adalah Membantu Pemerintah Terhadap Pembinaan Kepada Masyarakat dan Pengembangan Dalam Bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan.

Pada saat ini PMPI telah merintis suatu Pusat Pembibitan di Harau, Payakumbuh Sumatera Barat, Kebun Percontohan Tumpang Terpadu di Lintau, Sumatera Barat. Dan Juga Peternakan Percontohan Babi dan Budidaya Ikan air Tawar di Jayapura, Papua.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap