Bupati Merauke, Frederikus Gebze Menjemput Kedatangan Jenazah Korban Bentrokan Mamberamo Raya

Bupati Merauke, Frederikus Gebze Menjemput Kedatangan Jenazah Korban Bentrokan Mamberamo Raya

Bupati Merauke, Frederikus Gebze Menjemput Kedatangan Jenazah Korban Bentrokan Mamberamo Raya

Bupati Merauke Frederikus Gebze bersama Pimpinan Polri dan TNI menjemput jenazah tiga anggota polisi yang meninggal dunia ditembak dalam pertikaian antara oknum anggota TNI dan Polri di Kabupaten Mamberamo Taya, Senin (13/4/2020) pagi, yang datang dari Jayapura ke Merauke dan Mappi, Papua untuk dimakamkan di kampung halamannya masing-masing.

Sebelumnya dilaksanakan upacara pelepasan jenazah dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw disaksikan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Papua di Jayapura. Turut hadir dalam upacara pelepasan jenazah Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki, Bupati Mamberamo Raya Dorinus Dasinapa, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Papua menyatakan belasungkawa yang mendalam atas peristiwa itu, dan juga berharap pihak keluarga dapat menerima kenyataan ini.

“Setelah ini, kami juga akan berangkat ke Mamberamo Raya untuk melihat langsung lokasi tempat kejadian perkara (TKP) dan memberikan motivasi kepada seluruh prajurit yang ada agar melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sebagai abdi negara,” ( Paulus Waterpauw  )

Ketiga anggota Polri yang menjadi korban itu adalah Briptu Marcelino Rumaikewi dan Briptu Alexander Ndun diterbangkan ke Merauke dan Bripda Yosias diterbangkan ke Mappi. Ketiganya adalah anggota Polres Mamberamo Raya. Sementara Pangdam/XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan, jajaran TNI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran kepolisian maupun yang berada di jajaran Polda Papua, atas peristiwa yang terjadi tersebut.

“Hari ini kita mengantar keberangkatan 3 jenazah, kami turut belasungkawa atas saudara kita yang telah mendahului kita. Kami tetap melakukan tindakan hukum kepada para pelaku dan telah mengirimkan tim investigasi yang sudah berada di Kasonaweja, Mamberamo Raya,” ( Herman Asaribab )

Pangdam mengatakan, dalam melakukan proses hukum, pihaknya berkoordinasi dengan Polda Papua. “Saya berharap TNI-Polri tetap menjaga sinergitas serta menjaga kedamaian yang berada di Papua,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Po Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, ada dua anggota polisi lainnya yang juga menjadi korban luka tembak dan sedang dirawat di RS Bhayangkara di Jayapura. Keduanya Bripka Alva Titaley, mengalami luka tembak pada paha kiri dan Brigpol Robert Marien terluka tembak pada punggung belakang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap