Bupati Merauke Frederikus Gebze Mendukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Merauke

Bupati Merauke Frederikus Gebze Mendukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Merauke

Bupati Merauke Frederikus Gebze, sangat mendukung Kesetaraan Gender dan Menginginkan agar perempuan Merauke bisa maju dan tidak tertinggal dengan perempuan lain di luar Merauke khususnya dan luar Papua umumnya. Bagaimana konsep dan apa program yang telah dilakukan oleh Bupati Frederikus Gebze untuk memajukan perempuan Merauke?
Berikut petikan wawancara via telp www.juliet1news.com

Siang Pak Bup, tentang kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan Merauke serta untuk memajukan perempuan Merauke, Bagaimana pandangan Pak Bup ?
Siang kembali, sebagai Bupati Merauke, tentunya saya sangat mendukung program kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Merauke ini. saya akan ingin memberdayakan perempuan Merauke sebagai agar bisa lebih maju dan berperan dalam pembangunan di Kabupaten Merauke. Caranya dengan membangun sumber daya manusia untuk terus ditingkatkan, agar mereka bisa terampil dan menjawab tantangan lokal dan global seperti di era saat ini. Pemkab Merauke telah memberikan berbagai pelatihan keterampilan dalam hal pembuatan kerajinan maupun pengolahan makanan.

Program unggulannya seperti apa untuk memberdayakan perempuan Merauke?
Tentang program, tentunya meliputi semua program.Saya berusaha sekuat tenaga Membangun pemberdayaan perempuan Merauke dari segi politik, ekonomi, dan pendidikan. Seperti contohnya dalam bidang politik dengan memberikan seminar tentang sadar politik bagi perempuan Merauke sehingga melek berpolitik, sedangkan di bidang pendidikan lewat pemberian beasiswa bagi perempuan Merauke berprestasi dan juga pelatihan keterampilan wirausaha serta mengikutsertakan dalam berbagai pameran yang ada.

Sejauh ini apa tantangan dalam membangun perempuan Merauke agar bisa lebih maju?
Tantangannya perlu waktu dan latihan serta pendidikan agar bisa memberikan pengertian yang mendalam. Dengan demikian, para perempuan Merauke bisa memberikan pengertian yang mendalam. Perempuan Merauke dapat menyadari pentingnya keterampilan yang memadai untuk menjawab tantangan zaman yang semakin berkembang.

Baca Juga :  INTRUKSI CEPAT dan KEPEDULIAN BUPATI MERAUKE ATASI GENANGAN AIR, SERINGGU JAYA, MERAUKE

Bagaimana keterampilan yang diperoleh bisa dipraktekkan?
Keterampilan yang ada perlu diasah terus-menerus. Lalu jam terbang yang memadai dan harus tahan banting sehingga bisa membantu dalam mempraktikkan hasil ketrampilan yang ada

Bagaimana konsep kedepannya untuk meningkatkan keterampilan perempuan Merauke ?
Kami nantinya bersama Dinas terkait, akan melibatkan lebih banyak perempuan Merauke diberikan pelatihan, kami juga akan memberikan pemodalan awal, misalnya, Rp5 juta sd Rp 10 juta per orang, sehingga para perempuan Merauke diharapkan bisa mempraktikkan keterampilan yang didukung bantuan modal secara hibah.

Untuk Skala Yang luas, Pameran seperti apa yang telah Pak Bup lakukan, untuk memamerkan hasil keterampilan perempuan Merauke ini ?

Ada banyak pameran pameran yang telah kami laksanakan, baik yang dilaksanakan oleh TP PKK Pemkab Merauke, ataupun pameran Tingkat Distrik maupun tingkat Nasional.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Merauke memfasilitas kelompok perempuan etnis Papua di wilayah adat Anim Ha Papua Selatan melaksanakan pameran hasil karya pembangunan perempuan Merauke.

Dalam kegiatan ini, kelompok perempuan etnis Papua diberikan kesempatan untuk mulai menampilkan jati dirinya masing-masing melalui pameran hasanah budaya dan hasil karya yang dimodifikasi.

Pameran di halaman Kantor Bupati dari tanggal 15-16 November 2019, diikuti pula organisasi perempuan daerah, yang turut memberdayakan kelompok perempuan di daerah Merauke.

Tujuannya adalah mendorong partisipasi dan sinergitas bagi masyarakat ikatan etnis dalam memberdayakan perempuan berbasis sosial budaya di Merauke.

Tujuan berikut, mendukung terbentuknya proses pemasaran hasil karya perempuan, meningkatkan pendapatan perempuan serta terjaganya kelestarian tradisi, budaya dan kearifan lokal suku-suku di Papua Selatan.

Hasil yang dipamerkan berupa, hasil kerajinan, asesoris perempuan, kuliner tradisional maupun yang sudah dimodifikasi, dan obat-obat serta tanaman. Pameran ini dinilai oleh tim juri dan selanjutnya diberikan penghargaan kepada pemenang.

Baca Juga :  Frederikus Gebze: Berbagai Upaya Langkah Cepat dilakukan Oleh Pemkab Merauke Untuk Mencegah Menyebarnya Virus Covid 19

Apa harapan Pak Bup untuk perempuan Merauke di masa mendatang?


Harapan saya, Para perempuan Merauke jangan bosan untuk banyak belajar baik dari buku ataupun dari Media Sosial ataupun dari perempuan lain dari luar Merauke. Dengan demikian, tercipta persaingan yang sehat agar bisa mengejar ketertinggalan. Semua itu untuk menuju Merauke yang lebih baik dan maju.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap