Bupati Merauke Bersama Gojek Membagikan Master dan Sarung Tangan Kepada Masyarakat Merauke

Bupati Merauke Bersama Gojek Membagikan Master dan Sarung Tangan Kepada Masyarakat Merauke

Bupati Merauke Bersama Gojek Membagikan Master dan Sarung Tangan Kepada Masyarakat Merauke

Berbagai upaya dan langkah-langkah untuk mencegah menyebarnya vurus Covid – 19 di Kabuapten Merauke terus ditempuh oleh Bupati Merauke.. Dan pada tanggal 27 Maret 2020 Bp. Frederikus Gebze bersama dengan GOJEK membagikan sarung dan tangan dan masker gratis untuk masyarakat.

Frederikus Gebze menyebutkan, masker berbahan dasar kain dapat dijadikan alternatif untuk mencegah penularan virus. Menurut Fredy, di tengah kondisi kelangkaan surgical mask seperti sekarang ini, masker kain dapat menjadi pilihan ketimbang tak menggunakan masker sama sekali.  Penggunaan masker berbahan dasar kain) ini lebih baik dibanding tanpa pakai masker.

Surgical mask pada umumnya digunakan karena memiliki lapisan yang dapat menahan droplet (percikan air ludah).  Adapun droplet merupakan sumber terjadinya penularan virus, karena dapat berpindah dari orang yang sakit ke orang sehat. Menurut Fredy Gebze, masker kain juga punya fungsi yang sama sebagai penahan droplet, baik droplet pemakai maupun orang lain. 

Pengguna masker kain yang tidak sedang batuk dianjurkan mengganti masker tiap tiga jam sekali, sedangkan yang tengah flu disarankan mengganti masker lebih sering lagi.  Tak seperti surgical mask yang hanya dapat digunakan sekali pakai, masker kain dapat dipakai lebih dari satu kali, dengan catatan rajin dicuci. Fredey Gebze-pun menegaskan bahwa pencucian masker kain harus menggunakan sabun dan dipastikan bersih.

“Tetap cuci tangan pakai sabun mutlak,” kata dia. Sebelumnya diberitakan, kelangkaan dan melambungnya harga surgical mask di tengah wabah Covid-19 menyebabkan sejumlah masyarakat memilih alternatif menggunakan masker berbahan dasar kain.

 

Baca Juga :  MERAUKE MEMBANGUN : SP, DISTRIK TANAH MIRING ( 1 )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap