Bupati Merauke, 120 Orang Pelaku Industri Kecil di Merauke Dapat Pelatihan

Bupati Merauke, 120 Orang Pelaku Industri Kecil di Merauke Dapat Pelatihan

Bupati Merauke, 120 Orang Pelaku Industri Kecil di Merauke Dapat Pelatihan

Pemerintah Daerah Kabuapaten Merauke, Komisi VI DPR RI mengandeng Kementrian Perindustrian dan Perdagangan untuk melatih 120 orang pelaku industri kecil dan menegah di Kabupaten Merauke. Acara dilaksanakan di Swiss Bell Hotel dari tanggal 25 Febuari 2019 – 1 Maret 2019. Para pelaku usaha ini juga diberikan pelatihan dan pemberian bantuan alat produksi. Anggota Komisi VI DPR RI, Steven Abraham menyebutkan 120-an pelaku usaha bergerak dalam bidang pembuatan batu bata, bengkel las, bengkel sepeda motor, meubeler, pengrajin kulit dan industri makanan ringan.

“Pelaku usaha ini akan dilatih selama 6 hari di Balai Latihan Kerja. Peserta akan dibekali dengan bantuan peralatan berupa kompresor, mesin cetak bata dan mesin las. Harapannya, peserta mampu memproduksi bahan lokal uang memiliki nilai ekonomis,” ( Steven Abraham )

Steven menambahkan dengan pemberian pelatihan dan bantuan peralatan juga mampu merangsang industri kecil di Merauke, hingga dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga berjalan dengan baik. Bupati Frederikus Gebze, sangat menyambut baik dengan adanya pelatihan-pelatihan bagi Industri Kecil Menengah ( IKM ) yang ada di Kabupaten Merauke ini. Lebih lanjut dikemukakan, alasan membidik jenis-jenis usaha tersebut karena dinilai paling banyak dilakukan di Merauke dan memiliki potensi yang cukup bagus.

Oleh sebab itu sangat tepat jika menjadi fokus utama karena jika membidik jenis usaha yang sama sekali belum potensial tentu akan sangat disayangkan. Ia mengharapkan kegiatan yang dilaksanakan kali ini menjadi awal, bukan berarti berhenti begitu saja.

Steven Abraham juga telah meminta pihak kementerian untuk dapat memperhatikan usaha kopra yang ada di Distrik Okaba karena potensinya begitu luar biasa. Kementerian nantinya akan membantu pendanaan namun dari pihak daerah harus dapat mempersiapkan hal-hal penting yang dibutuhkan antara lain dari aspek bahan baku yang harus jelas, manfaatnya serta studi terkait dengan kapasitas dan lain sebagainya sehingga skalanya akan menjadi skala industri.

“Dengan adanya bekal pelatihan-pelatihan, diharapkan para pelaku IKM Merauke Lebih memiliki keahlian dan ilmu serta lebih mandiri, mampu mengelola semua potensi daerah yang dapat dikelola. Selama kepemimpinan saya, saya sangat memperhatikan tentang keahlian SDM Merauke agar terus meningkatkan ilmu dan keahliannya. Sehingga IKM-IKM Merauke dapat meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat dan dunia industri kecil menengah di Kabupaten Merauke “ ( Frederikus Gebze )

Dalam pelatihan ini juga, diberikan bantuan peralatan kepada kelompok IKM yang sudah berbadan hukum. ( Sri Rejeki )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap